Thursday, April 3, 2014

Nama Kelompok 1. M. Syabilurrassyad
2. Asef Awaluddin
3. Dani Yusuf
4. Defuri Ramadhani
5. Putri Nurmala Afrida
Kelas : PSC Kamis Siang
Mata Kuliah : Public Service Communication

1. Temukan sebuah perusahaan dengan pengelolaan citra yang positif. Sebutkan faktor-faktor citra yang terbentuk dalam perusahaan tersebut dan Rancang alur berpikir kritis mengenai asal muasal terciptanya citra dan terbentuknya reputasi pada perusahaan tersebut.

The Green Coffee merupakan salah satu produk minuman yang terbuat dari cincau hijau. Produk dirrintis oleh Robert mahasiswa FTP. Beliau melihat produk ini menjadi peluang usaha baginya, karena saat ini ada produk yang hampir sejenis. Akan tetapi produk lain tersebut kebanyakan terbuat dari cincau hitam, sehingga Robert merasa bahan dengan cincau hijau ini tidak banyak digunakan untuk produk minuman.
Usaha ini didirikan di Malang dengan 3 titik penjualan yang salah satunya terdapat di Kantin ABC FTP UB. Harga produk dapat dijangkau oleh kalangan mahasiswa yakni seharga Rp.5000,00. Produk ini memiliki varian rasa yakni Cappucinno, Coklat, dll..
Citra yang terbentuk dari produk The Green Coffee merupakan minuman yang menyehatkan dan menyegarkan. Produk ini juga mudah didapatkan oleh berbagai kalangan karena dipusatkan di tiga titik yang merupakan pusat kerumunan massa.
Alur berpikir kritis tentang asal muasal terciptanya citra
Sebutkan faktor-faktor citra yang terbentuk dalam perusahaan tersebut
Faktor-faktor pembentuk citra D’Green Coffe yang disajikan dalam bentuk tabel check list :







No

Physical
Identity

Check

Description

1.

Organization
Name

v

D’
gReen Coffee
Pemilihan
nama ini karena ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa produk ini
merupakan produk yang terbuat dari bahan alami, yaitu cincau hijau. Meskipun
terbuat dari bahan alami, produk ini tidak akan tertinggal zaman, karena
kombinasi berbagai jenis kopi yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat
Indonesia.

2.

Byline

x

Nama produk D’gReen
Coffee
sudah mendeskripsikan tentang produk yang dijual.

3.

Tagline

v

The
King of Green Cincau Cappucino
Dengan
menggunakan tagline ini, pemilik ingin menyampaikan bahwa produk ini
merupakan produk yang nom
or 1 di bidangnya dan merajai segala jenis
minuman siap saji.

4.

Logo
"Description:Sumber
:Hasil Observasi Produk D’gReen Coffee




v

Penggunaan
dua buah daun cincau memiliki arti bahwa usaha ini bergerak pada pengolahan
daun cincau. Mengapa ada dua daun cincau? Karena pemilik ingin menunjukkan
bahwa usaha ini didirikan oleh dua orang. Daun tersebut juga digambarkan
memiliki mata, hidung, bibir, layaknya manusia. Ini menunjukkan bahwa produk
ini akan menjadi sesuatu yang hidup di hati para konsumen. Selain itu juga
hendak menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan akan sesuai dengan apa yang
diinginkan oleh para konsumen. Penggunaan warna hijau juga ingin menunjukkan bahwa
bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan.


5.

Text

v

Tipografi
dalam logo menggunakan beberapa jenis font. Penulisan kata D’ gReen
menggunakan font Magnetto. Huruf R pada kata green menggunakan
huruf besar, karena pemilik dari usaha ini bernama Robet, secara tidak
langsung ingin menunjukkan nama pemilik di dalamnya. Kata Coffe
e
menggunakan jenis font yang berbeda, yaitu Pristina.

6.

Color

V

Warna hijau pada
tulisan “D’gReen” menunjukkan kesan kealamian, sedangkan lingkaran
hitam yang melingkarinya berfungsi menegeskan tulisan “D’gReen”. Warna
cokelat dengan pattern dari gambar kopi padat ulisan “coffee” serta
lingkaran hijau yang mengitari menunjukkan kesan kealamian dari bahan yang
digunakan.

7.

Building

x

Perusahaan
ini belum memiliki gedung utama sebagai sarana untuk me
ngatur
usaha. Sejauh ini, usaha dilakukan di kantin ABC FTP, dan beberapa tempat
lainnya.

8.

Lobby

x

Usaha D’gReen
Coffee
belum memiliki lobby karena usaha ini masih menggunakan  outlet
penjualan untuk usaha.

9.

Jingle

X

Tidak adanya  jingle
dalam usaha D’gReen Coffee
karena
pemilik belum memiliki pemikiran untuk melakukan promosi melalui jingle.

10.

Communication
Media

V

Media
komunikasi dari perusahaan ini adalah sebuah jejaring sosial twitter.
Dapat ditemukan dengan username @dgreencoffe

11.

Company
Profile

X

D’gReen Coffee belum memiliki company profile karena selain
usaha ini masih tergolong kecil juga merupakan usaha baru.

12.

Promotion
-        
Advertising





x






Untuk saat
ini, masih belum menggunakan bantuan iklan untuk memasarkan produk. Karena
usia produk masih sangat muda dan masih dilakukan
ekspansi
di wilayah Malang saja.


-        
Sales Promotion





x





Tidak
menggunakan sales promotion karena penjualan produk dilakukan di
beberapa tempat dengan cara membuka
sebuah outlet. Sehingga
tidak diperlukan sales promotion yang menawarkan produk.
Penjualan
produk ini salah satunya adalah dengan membuka cabang. Cabang ini dibuka oleh
mitra kerja.

-        
Personal Selling

v

Penjualan
dilakukan secara langsung oleh karyawan kepada pembeli tanpa menggunakan
perantara.

Rancang alur berpikir kritis mengenai asal muasal terciptanya citra dan terbentuknya reputasi pada perusahaan tersebut.
Citra produk yang saat ini dimiliki oleh D’gReen Coffee adalah current image yakni D’gReen Coffee merupakan produk minuman cepat saji yang segar, sehat, dan harga terjangkau oleh seluruh kalangan.Berikut alur dari pembentukan citra D’gReen Coffee:
Asal muasal terciptanya citra dan terbentuknya reputasi di D’green Coffe kami sajikan dalam bentuk flow chart. Bentuk fllow chart ini memudahkan pembaca untuk mengetahui tahapan-tahapan yang dilakukan D’Green Cofffe untuk membentuk citra dan reputasinya.




2. Susun sebuah riset dan saran strategi yang tepat untuk pencapaian citra positif bagi organisasi dengan citra negatif pada publik eksternalnya
Saran strategi dalam pencapaian citra:
Strategy
D’gReen Coffee merupakan sebuah produk minuman yang menjunjung tinggi manfaat kesehatan di dalamnya. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam produk ini adalah adanya kekeluargaan yang berasal dari karyawan dan ditujukan kepada pelanggan atau pembeli. Untuk menunjukkan kepada konsumen nilai-nilai yang dimiliki dan mempertajam image yang telah dimiliki sehingga dapat memperluas jaringan produk ini, terdapat beberapa cara promosi yang akan kami lakukan, antara lain:
a. Promosi melalui jejaring sosial
Meledaknya penggunaan internet, kini juga telah mempengaruhi munculnya jejaring sosial di dunia maya. Jejaring sosial ini digunakan oleh para user untuk berkomunikasi dengan orang-orang di lingkaran sosial mereka, juga untuk menambah relasi-relasi sosial. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, jejaring sosial kini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi interpersonal saja. Terdapat banyak manfaat lain yang ditemukan dengan menggunakan jejaring sosial. Online shop, salah satu manfaat lain yang ada pada jejaring sosial. Tidak jarang kita menemukan adanya online shop yang menawarkan produk-produk yang mereka jual kepada masyarakat.
Oleh karena itu, kami memilih untuk menggunakan media jejaring sosial di internet. Jejaring sosial yang merupakan bagian dari internet memiliki kelebihan dapat diakses di mana saja, kapan saja. Hal ini menyebabkan adanya feedback yang secara langsung akan diberikan. Sehingga akan memudahkan proses komunikasi di dalamnya. Penggunaan jejaring sosial ini akan memudahkan pihak D’gReen Coffee dalam menjalin komunikasi dengan para pelanggan, terutama secara kekeluargaan.
Pemilihan media internet sebagai channel untuk berkomunikasi dan promosi kepada masyarakat, juga ditentukan berdasarkan perilaku segmentasi produk ini. Produk D’gReen Coffee saat ini menentukan bahwa segmentasi mereka adalah para mahasiswa yang berusia antara 18-24 tahun. Kita mengetahui bahwa mahasiswa ada kelompok orang yang selalu terbuka terhadap perubahan, sehingga mereka selalu mengikuti perkembangan-perkembangan yang ada. Dengan adanya kondisi ini, mahasiswa akan selalu memonitor apa yang sedang populer saat ini dan menerapkannya dalam kehidupan mereka. Singkatnya, sebagian besar mahasiswa, selalu menggunakan media internet dalam kehidupan sehari-hari mereka, terutama dalam kegiatan interaksi mereka. Selain alasan tersebut, penggunaan media internet sebagai sarana promosi juga tidak mrmbutuhkan biaya. Hanya membutuhkan waktu yang digunakan untukmemaintance media tersebut sehingga bisa lebih dikenal oleh para konsumen.
Promosi menggunakan media internet akan dilakukan melalui twitter dan facebook. Pemilihan jejaring sosial ini karena kedua jejaring sosial ini sangatlah eksis di dunia target segmentasi. Selain itu, kedua media ini cukup mudah digunakan dengan beberapa fitur yang mendukung promosi di dalamnya.
Selain menggunakan promosi melalui menggunakan media twitter dan facebook, kami akan membentuk sebuah group di Blackberry Messenger. Grup ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara para konsumen produk dengan intern D’gReen Coffee.

b. Membuat komunitas D’gReenholic
Pembuatan produk D’gReen Coffee ini tidak lepas dari kenyataan bahwa banyak tanaman daun cincau hijau yang dibiarkan begitu saja dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, muncullah pemikiran untuk memanfaatkan tanaman yang ditelantarkan ini. Dengan latar belakang pemanfaatan terhadap tumbuhan ini, mendorong pemilik untuk memiliki sendiri kebun daun cincau hijau yang juga bertujuan untuk mengurangi global warming yang saat ini sedang menjadi isu internasional. D’gReen Coffee sendiri, merupakan produk yang melakukan inovasi pada minuman tradisional berbahan dasar cincau hijau. Minuman tradisional cincau hijau ini, disajikan dengan mengkolaborasikan sensasi kopi yang pada saat ini sedang digandrungi oleh para pemuda, khususnya mahasiswa. Keunikan yang dimiliki produk ini, mendorong banyaknya konsumen yang mengkonsumsi produk ini. Sehingga dibutuhkan sebuah komunitas sebagai wadah bagi para konsumen yang selain bertujuan menambah kedekatan antara konsumen dan karyawan, juga menambah kedekatan antara konsumen dengan konsumen lainnya.
Dengan membentuk komunitas D’gReenholic ini, karyawan akan lebih dimudahkan dalam melakukan inovasi-inovasi pada produk D’gReen Coffee. Interaksi-interaksi yang terjadi dalam komunitas, secara tidak langsung akan membuat karyawan mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh para konsumen. Sehingga, dengan adanya informasi tersebut, karyawan dan stakeholder D’gReen Coffee, bisa dengan mudah menerapkannya dalam bisnis yang mereka jalankan.
Pembuatan komunitas ini juga akan menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap produk D’gReen Coffee. Adanya loyalitas dari konsumen terhadap produk pada dasarnya merupakan hal yang cukup sulit diperoleh jika produk tidak memiliki keunggulan tersendiri. Kami meyakini bahwa produk D’gReen Coffee memiliki keunggulan ini dan telah memiliki banyak pelanggan. Sehingga, kami yakin bahwa konsumen D’gReen Coffee akan sangat antusias untuk menjadi bagian dari komunitas ini.
c. Promosi offline
- Flyer
Meskipun flyer pernah digunakan dalam promosi yang dilakukan oleh pihak D’gReen Coffee, kami juga akan mencoba melakukan promosi dengan menggunakan flyer. Pada poin pertama, kami telah menyebutkan bahwa promosi akan dilakukan melalui media internet yang menggunakan media jejaring sosial. Tetapi, promosi secara offline juga tetap dibutuhkan karena penggunaan flyer bisa disebarkan secara langsung kepada sasaran konsumen yang diinginkan. Sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa langsung diterima oleh target konsumen. Selain itu, dibandingkan dengan media promosi lain, biaya yang dibutuhkan untuk membuat flyer ini relatif lebih murah. Sehingga, pemilik tidak perlu merasa bingung untuk menyisihkan biaya yang besar untuk mempromosikan produk.
- Stiker
Stiker tidak hanya bermanfaat sebagai label produk, tetapi juga sebagai media promosi. Stiker memiliki sebuah sifat yang sangat menguntungkan bagi kegiatan promosi. Sifat itu adalah mudah ditempelkan di mana saja. Kemudahan dalam menempelkan stiker ini menyebabkan seseorang akan dengan mudah melihat atau memberikan attention mengenai keberadaan produk D’gReen Coffee. Selain itu, stiker juga dapat ditempelkan di kemasan produk D’gReen Coffee. Desain menarik stiker pada produk akan membuat pembeli merasa lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Tetapi kami akan lebih fokus untuk mencetak stiker yang kemudian diberikan kepada pembeli sebagai souvenir dan penghargaan kepada pembeli yang setia mengkonsumsi produk D’gReen Coffee.

3. Rancang mekanisme manajemen mengenai pengelolaan persepsi/gambaran yang hendak dibangun (dijual) atau yang akan diberikan kepada publik internal / eksternal pada sebuah organisasi!
Suatu proses kegiatan untuk menggerakkan dan mengendalikan suatu usaha kerja sama dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan yaitu berupa kesan, perasaan, gambaran dari publik terhadap perusahaan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu objek, orang atau organisasi yang telag ditentukan.
Manajemen dalam melakukan strategi diharapkan mampu membantu atau mempersiapkan perusahaan jika sewaktu-waktu ada perubahan baik dari dalam perusahaan itu sendiri atau dari luar perusahaan seperti pelanggan, lingkungan dan lain sebagainnya.. manajemen adalah bagaimana sebuah perusahaan atau organisasi mengelola persepsi atau gambaran yang hendak dibangun atau dijual atau yang akan diberikan kepada publik internal atau eksternal.
Untuk mengelola persepsi, D’Green cofee bisa melakukan berbagai hal, diantaranya dengan memperkuat logo perusahaan dan latar belakang pemilihan nama yang kuat





Selain itu manajemen juga mengatur bagaimana karyawan memberikan pelayana yang terbaik bagi para pelanggan. Yaitu dengan menggunakan seragam berwarna hijau dengan tulisan D’Green Coffe dan pelayanan prima dengan senyum ramah sehingga pelanggan merasa puas. Selain itu kebanyakan pelanggan yang datang juga karena kedekatan pada owner. Sehingga reputasi yang dibangun bisa menjadi cermin pada persepsi publik yang berkiatan dengan tindakan organisasi yang telah berlalu dan prospek organisasi dimasa mendatang. Tentu saja untuk menjadi lebih dipilih ketimbang pesaingnya.
4. Diskusikan dalam kelompok anda bagaimana manajemen citra yang dilakukan oleh suatu organisasi. Dan buatlah konsep re-branding manajemen citra baru untuk organisasi tersebut dengan memasukkan beberapa unsur pembentuk citra

Suatu produk atau perusahaan yang muncul di tengah masyarakat sudah selayaknya memiliki poin pembeda ditengah masyrakat. Poin pembeda ini disebut sebagai citra. Diantara produk atau perusahaan sejenis yang telah ada sebelumnya biasa mereka sudah memiliki citra yang stabil bagi masyarakat. Sehingga kemunculan produk atau perusahaan baru membutuhkan citra yang berbeda untuk memudahkan masyarakat membedakan produk antar perusahaan. Cara yang dilakukan untuk membangun citra perusahaan antara lain dengan mengutamakan kualitas produk, melalui produksi dengan proses yang tepat, pengelolaan manajemen hingga pelayanan langsung kepada pelanggan untuk mencapai kepuasan pelanggan.
konsep re-branding manajemen citra baru untuk organisasi tersebut dengan memasukkan beberapa unsur pembentuk citra
konsep re-branding dari D’green Coffe adalah Perluasan Jaringan D’gReen Coffee dengan Cara Promosi Melalui Media Tradisional dan New Media(Promosi melalui Facebook, Twitter, flyer, Kartu Nama, dan Komunitas D’gReenholic)
1. Kemampuan finansial: kemampuan finansial dari D’Green Coffe sebagai produk baru memang tidak terlalu besar. Karena itu kami melihkan media promosi seperti jejaring sosial yang gratis. Dan bisa diakses dimana saja, kapan saja. Sehingga promosi bisa dilakukan dengan efektif tanpa harus membebani biaya yang tinggi.
2. Mutu produk dan pelayanan, produk kami mengedepankan produk dan pelayana yang baik bagi para pelanggan atau pengunjung. Dalam media promosi kami selalu menampilkan mutu produk kami.
Cara yang dilakukan untuk membangun citra perusahaan antara lain dengan mengutamakan kualitas produk, melalui produksi dengan proses yang tepat, pengelolaan manajemen hingga pelayanan langsung kepada pelanggan untuk mencapai kepuasan pelanggan.
3. Fokus pada pelanggan, fokus atau segmentasi pelanggan kami adalah remaja atau mahasiswa. Karena itu kami memilih varian rasa seperti coklat, cincau, karena beberapa rasa inilah yang sangat digemari oleh remaja. Selain itu karena fokus pada pelanngan atau segmentasi remaja, kami menggunakan media jejaring sosial yang digandrungi remaja sebagai media promosi.
4. Inovasi, Banyaknya jenis minuman yang bergerak dibidang minuman cincau akhirnya memunculkan banyaknya varian olahan minuman yang menggunakan cincau sebagai daya jual utamanya. Salah satunya adalah D’gReen Coffee. D’gReen Coffee merupakan salah satu produk berbahan dasar cincau dan menggunakan cincau hijau sebagai bahan utamanya. Produk ini diciptakan sebagai bentuk kepedulian terhadap minuman tradisional yang kini mulai ditinggalkan masyarakat. Pada awal usaha ini dimulai D’gReen Coffee sudah mengheluarakan empat varian rasa yang sudah tidak asing di lidah masyarakat, yaitu D’Cappucino Green Cincau; D’Chocolate Green Cincau; D’White Green Cincau; D’Milk Green Cincau.

-->

No comments:

Post a Comment